03 Januari 2009

muhasabah pertama



sesungguhnya telah ada pada diri Rosululloh itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi kamu yang mengharap (rahmat) Alloh dan RosulNya dan (kedatangan) hari kiamat, dan dia banyak mengingat Alloh. :: (al-Ahzab: 21)

uswatun hasanah. contoh yang baik. contoh yang sempurna. pada diri beliau dan keluarganyalah terdapat contoh yang sempurna. mengapa kita harus arahkan anak kita dengan tokoh selain beliau. superman. batman. srikandi. einstein. catwoman. dan masih banyak lagi. figur yang sangat tidak pantas disejajarkan dengan beliau atau sahabat dan sahabiah. inilah tantangan jaman yang harus kita hadapi. dalam mendidik putra-putri kita.


al-Qur'an tidak lagi menjadi pedoman utama. as-Sunnah pun terpinggirkan. tergeser oleh televisi. buku-buku cerita. video game. game on-line. kursus. les. dan urusan tetek bengek lainnya yang jauh darinya.

orangtua kalut jika anak gagal ranking di sekolah. namun adem ayem jika tidak bisa ngaji. orangtua akan marah besar jika anak tidak mau les atau private. namun tidak bereaksi saat anak tidak menunaikan sholat 5 waktu.

kebanggaan-kebanggaan semu menjadi suatu tujuan hidup. hidup terpola dengan target cinta dunia. dan lalaikan akhirat. satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. tapi insyaallah, keluarga mukmin akan melihat satu cermin utuh. Islam sebagai rahmatan lil 'aalamin. dan Islam itulah tujuan hidup.

2 komentar:

  1. mi, pesannya mbak 'indy sudah abi baca. besok insyaallah pasti ke sana juga. sampaikan saja begitu.

    BalasHapus

polling